8 Langkah Mudah Cara Perawatan Tanaman Carica

//8 Langkah Mudah Cara Perawatan Tanaman Carica

Tanaman Carica mungkin masih asing di telinga sebagian besar orang. Namun, bagi masyarakat dataran tinggi Dieng. Tanaman ini sudah tidak asing lagi dan ditemukan hampir di setiap sudut daerah Dieng.

Di daerah aslinya, banyak masyarakat yang telah membudidayakan tanaman ini, baik dengan menyediakan lahan khusus maupun menggunakan metode tanam tumpangsari. Selain teknik penanaman yang baik. Proses dan cara perawatan tanaman carica juga menjadi faktor penentu hasil panen buah yang melimpah dan berkualitas.

Lantas, apa saja cara perawatan tanaman ciraca. Yang tentu saja mudah dan efektif dilakukan agar pohon ciraca sehat, subur, berbuah lebat, dan tentunya memiliki rasa yang nikmat? Berikut merupakan beberapa langkah mudah yang dapat dipaktekkan.

Pengairan

Langkah perawatan yang paling umum dan mendasar bagi setiap petani Carica adalah harus memperhatikan penyiraman dan pengairan tanaman. Karena Carica adalah tanaman pohon, tidak perlu ditanam pada ladang basah seperti padi. Hanya perlu disiapkan tanah gembur yang subur dan disiram secara rutin. Tentu saja, penyiraman rutin ini harus juga memperhatikan kondisi cuaca. Jika pada musim penghujan tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering. Tetapi memasuki musim kemarau anda harus lebih rajin menyirami pohon Carica ini setiap hari.

Pemupukan

Langkah pemupukan sangat penting untuk menunjang pertumbuhan pohon Carica agar dapat berkembang pesat dan menghasilkan buah yang melimpah. Pemberian pupuk secara rutin setiap beberapa minggu akan menambah pasokan nutrisi bagi tanaman sehingga pertumbuhannya lebih sehat dan subur. Maka dari itu, pemberian pupuk umumnya intens dilakukan pada tahap-tahap awal umur tanaman. Karena akarnya yang masih kecil dan sangat bergantung pada nutrisi di permukaan tanah. Ketika tanaman sudah dewasa pemberian pupuk ini dapat dikurangi intensitasnya. Karena akar tanaman sudah lebih kokoh dan bisa mencari nutrisi ekstran ke dalam tanah.

Penyiangan

Kegiatan penyiangan sejatinya ditujukan untuk membebaskan tanaman pohon Carica dari gulma atau tanaman pengganggu yang ada di sekitarnya. Hal ini dilakukan agar tanaman pengganggu ini tidak menghalangi pertumbungan pohon Ciraca dan menjadi benalu. Karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas buah Ciraca nantinya. Idak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapa unsur hara. Penyiangan juga berguna untuk mencegat masuknya hama dan penyakit yang mengikut hidup dalam rumput-rumput liar tersebut.

Penyiakan dilakukan dengan memangkas rumput-rumput dan semak liar disekitar pohon sampai ke akar-akarnya. Umumnya, penyiangan ini harus dilakukan rutin paling tidak 2 minggu sekali. Karena rumput-rumput liar mudah sekali tumbuh kembali dan dalam waktu singkat. Dan akan bekembangbiak di sekitar pohon Carica dalam jumlah besar terutama di musim penghujan. Penyiangan juga wajib dilakukan pada awal pertumbuhan tanaman agar dapat tumbuh sehat

Pembubunan

Penimbunan tanah di bagian pangkal rumpun tanaman atau yang lebih sering disebut pembubunan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tanaman. Utamanya, untuk akar tanaman pohon Carica ini dengan pembubunan. Dengan begitu akar tanaman akan lebih leluasa tumbuh dan berkembang. Sehingga lebih kokoh dan dapat menjangkau bagian tanah humus lebih dalam

Penyulaman

Kegiatan penyulaman secara harfiah berarti menyulam atau menutup. Dalam hal ini yang ditutup adalah bagian kosong bekas tanaman yang sudah mati. Atau tidak bisa diselamatkan lagi karena terkena hama. Perawatan pohon Carica yang terserang hama kemudian mati harus segera dilakukan penyulaman. Agar lahan dan pupuk yang sudah ada di tempat tanaman tadi tidak terbuang sia-sia.

Pendangiran

Melakukan pendangiran sangat berguna untuk memperbaiki struktur tanah di sekitar tempat tumbuh tanaman. Pendangiran adalah penggemburan tanah di sekitar tempat tumbuh tanaman, yaitu kira-kira 30cm-1m mengelilingi pohon. Penggemburan tanah akan menyegarkan struktur tanah yang sudah jenuh. Dan juga akan mempermudah tanah menyerap air maupun vaksin yang diberikan. Sehingga akar tanaman pun lebih mudah menyerap nutrisi dari tanah. Pendangiran ini baik dilakukan dari tanaman masih kecil hingga dewasa. Bahkan tanaman yang sudah berumur bertahun-tahun pun masih perlu dilakukan pendangiran

Pemangkasan

Pemangkasan batang dilakukan seperlunya dan bukan merupakan suatu keharus tergantung dari bentuk dan kebutuhan tanaman pohon itu sendiri. Jika pohon memiliki beberapa cabang yang tumbuh bersamaan, hal ini akan membuat pohon tidak bisa menghasilkan buah secara maksimal. Karena harus membagi nutrisinya ke beberapa cabang sekaligus. Pemangkasan berguna untuk memfokuskan energi dan nutrisi tanaman kepada satu cabang saja sehingga dapat berbuah lebat, manis dan mudah dijangkau. Pemangkasan juga membantu merapikan bentuk pohon sehingga memudahkan panen nantinya.

Pengobatan dan Pencegahan Hama

Langkah terakhir yang tidak kalah penting dan harus selalu menjadi prioritas dalam merawat tanaman adalah pengobatan dan pencegahan hama. Meskipun pohon Carica ini bukanlah termasuk yang rentan terhadap penyakit dan hama. Namun harus tetap diperhatikan dan dilakukan tindakan pencegahan agar mendapatkan hasil panen yang baik. Anda cukup  menyemprotkan vaksin secara rutin sebagai langkah prefentif. Dan segera memberikan obat tanaman jika menemukan tanda-tanda penyakit pada pohon Carica anda.

 

Berbagai cara perawatan tanaman Carica diatas tidak lain bertujuan untuk mendapatkan buah dengan kualitas terbaik, manis dan segar. Buah Ciraca tidak boleh hanya dilihat sebagai ikon panganan saja. Namun menjadi komoditi unggul kawasan dataran tinggi Dieng dan juga daerah Wonosobo.

Carica Unik

Jika ingin mencicipi rasa unik buah Carica anda tidak harus datang jauh-jauh ke Wonosobo. Kami menyediakan olahan buah Carica terbaik Dieng yang dipilih dan diproses higienis. Diolah menjadi manisan lezat dan nikmat yang praktis dan tetap mempertahankan nilai gizi buah Carica. Produk “Carica Sumbing” merupakan hasil inovasi dan kerja keras kami untuk mengembangkan olahan buah ciraca yang sehat. Dan juga berkualitas serta terjangkau bagi masyarakat. Produk kami mengedepankan mutu yang terlihat dari teknis pengemasan dan modern. Sehingga buah Carica tidak mudah rusak dapat bertahan hingga 16 minggu. Pengemasan yang apik juga menjaga rasa asli kelezatan buah Carica yang manis, renyah dan segar hingga sampai ke tangan anda.

cara perawatan tanaman carica

Anda sudah tidak sabar ingin merasakan manisan buah Ciraca yang berbeda dan lain dari yang lain? Laman kami menyediakan segala informasi yang anda butuhkan tentang pilihan produk, harga, dan paket yang tersedia. Segera hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan. Kontak sudah tertera dan akan kami respon dengan cepat dari Carica Sumbing.

Kami juga membuka kesempatan bisnis sebagai agen ciraca di seluruh Indonesia. Jika anda berminat menjajaki partnership dengan kami. Jangan sungkan untuk segera menghubungi kantor kami atau datang langsung ke pabrik kami di Jalan Kertek Parakan Km. 7, Reco, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Disana, anda dapat melihat langsung proses produksi buah Ciraca dari pemetikan, pengolahan, hingga pengemasan yang higienis.

Tunggu apalagi? Segeralah mencicipi Ciraca pertama anda dan rasakan sendiri kelezatan si manispepaya gunung, buah khas dataran tinggi Dieng ini!

2018-10-21T15:55:23+00:00carica|0 Comments

Leave A Comment