Cara Budidaya Tanaman Carica Khas Dieng

//Cara Budidaya Tanaman Carica Khas Dieng

Budidaya tanaman carica mungkin banyak dicari oleh banyak orang termasuk Anda. Dikarenakan langka, buah yang satu ini menjadi ciri khas tanaman di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Berbagai pertanyaan pun muncul, apakah tanaman ini bisa dibudidayakan di daerah lain? Mengapa bisa tumbuh di Wonosobo saja? Bagaimana cara menanamnya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Nah, sudah tahukan Anda darimana asal tanaman carica ini? Ternyata, tanaman ini berasal dari negara Amerika Selatan tepatnya di dataran Andes. Wah, jauh sekali ya asalnya. Namun, ternyata bisa menyebar ke seluruh antero negeri termasuk di Indonesia dan akhirnya sampai di Wonosobo. Jika Anda semakin penasaran bagaimana tanaman carica ini bisa dibudidayakan, simak ulasan kami berikut ini, ya.

cara budidaya tanaman carica khas dieng

Penanaman Pohon Carica

Tanaman carica yang berada di Wonosobo ini tumbuh di dataran tinggi basah dengan ketinggian mencapai 1.500–3.000 mdpl. Pantas saja jika kita tanam di area yang berada di dataran rendah tidak bisa tumbuh dengan baik. Ternyata harus tumbuh di ketinggian tersebut baru bisa dibudidayakan. Ini merupakan anugrah bagi masyarakat di Wonosobo, Jawa Tengah. Berkat lahan yang sangat mendukung, mereka bisa menanam pohon carica dengan baik.

Selain itu, tanaman ini bisa tumbuh subur ketika berada di suhu 20 derajat celcius. Dan tidak boleh lebih dari suhu tersebut karena akan membuat tanaman kesulitan untuk tumbuh. Berikut ini cara menanam tanaman carica kami berikan secara lengkap:

Persiapan bibit tanaman

Untuk memulai cara budidaya tanaman carica yaitu memperoleh bibit terlebih dahulu. Ada dua cara untuk membuat bibit pohon carica yaitu melalui biji dan stek cabang. Anda bisa langsung menanam biji dari buah yang sudah masak. Atau bisa juga stek cabang dengan cara memotong cabang yang sudah tua kemudian ditanam. Keunggulan tanaman carica melalui biji yaitu menghasilkan benih yang besar namun jangka waktu produksinya lambat. Sebaliknya, cara penanaman melalui stek cabang keunggulannya yaitu berbuah dengan cepat namun tidak menghasilkan benih yang besar.

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengambil biji dari buah carica untuk dijadikan bibit tanaman. Belahlah buah carica yang sudah masak dan ambil biji ke 2/3 dari ujung. Kemudian rendam biji sehari semalam. Anda akan lihat hasil rendamannya biji ada yang tenggelam dan ada yang mengapung. Untuk itu silakan ambil biji yang tenggelam saja. Letakan di atas koran atau kain selama satu minggu. Selanjutnya simpan di tempat yang cukup teduh hingga kulit pada biji mengelupas dan kering.

Semailah benih menggunakan polibag berukuran 20 x 15 cm. Untuk masa persiapan benih dalam polibag, usahakan perbandingan tanah yang diayak dengan pupuk kandang sebesar 2:1. Tanam benih dalam polibag dengan kedalaman 0-1 cm dan tutup dengan tanah yang diayak. Setelah benih berkecambah 12-15 hari kemudian, dengan ketinggian 15-20 cm atau sekitar 45-60 hari bibit sudah siap tanam. Setelah penanaman benih berusia 2-3 bulan, bibit yang sudah dewasa tersebut dapat dipindahkan saat awal musim hujan.

Lahan

Tanaman carica akan tumbuh dengan subur jika lahan memiliki tanah yang gembur. Dan juga bersih dari tanaman-tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan bibit carica. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan lahan tanaman carica yaitu meratakan lahan dan membersihkan gulma. Kemudian dicangkul agar tanah menjadi gembur, terakhir membuat lubang tanaman.

Proses penanaman

Pastikan jarak setiap tanaman sekitar 3×3 m atau 3×4 kemudian tanamlah bibit tersebut di lubang lubang yang sudah di buat. Dalam melepas polibag, ada baiknya secara berhati-hati agar akar benih tidak patah atau tertinggal di polibag bersama dengan tanah.

Pemeliharaan

Pada step ini, lakukan pemeliharaan secara rutin dengan membersihkan setiap rumput yang mengganggu di sekitar tanaman carica. Selain itu, lakukan penyulaman, pemupukan, dan pengairan. Dalam memberikan pupuk, usahakan memberikannya setiap 6-12 bulan sekali. Usia tanaman bisa mencapai 20 tahun sebab pohon carica tahan akan serangan virus yang sama halnya menyerang pepaya. Pohon carica yang sudah dewasa akan tumbuh hingga 1-2 meter sehingga dapat mudah untuk dipanen.

 

Nah, itulah cara menanam tanaman buah carica khas Dieng untuk bisa Anda pelajari dan dicoba. Buah carica ini termasuk dalam marga pepaya, makanya bentuk dan teksturnya hampir sama. Namun dari segi rasa tentu berbeda karena carica memiliki rasa masam namun segar. Berbeda dengan pepaya yang cenderung manis dan berair. Anda harus berhati-hati meskipun mirip dengan pepaya. Buah ini tidak boleh dimakan secara langsung karena getahnya akan membuat bibir dan sekitar mulu Anda gatal. Oleh karena itu, buah carica perlu diolah terlebih dahulu.

Olahan buah carica ternyata cukup mengesankan di mata para wisatawan. Bagaimana tidak? Para produsen makanan dan minuman di daerah Wonosobo saling bersaing untuk membuat manisan buah carica dengan rasa yang sangat memikat. Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin membeli manisan carica sebab tidak semua memiliki tekstur dan rasa yang diharapkan. Berikut kami berikan informasi mengenai manisan carica yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

manisan carica

Manisan Dari Buah Carica Terbaik

Manisan carica Sumbing Segar merupakan salah satu produk olahan buah carica yang terpopuler dan paling berkualitas di Wonosobo. Rumah produksi Oafindo yang beralamatkan di Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. Oafindo memberikan Anda olahan buah carica yang higienis, aman, dan sehat untuk dikonsumsi sesuai dengan anjuran dinas kesehatan. Bahwa kami tidak menggunakan bahan pengawet kimia dan sebagai ganti kami gunakan 100% gula pasir alami. Kami mengutamakan kualitas rasa dan tekstur buah asli carica dalam kemasan carica Sumbing Segar. Selain itu juga tidak lembek namun tidak alot sehingga terasa segar dan renyah di mulut. Kami menggunakan buah carica pilihan dari 5 desa budidaya buah carica yang berkualitas.

Buah carica memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Silakan baca manfaat buah carica bagi kesehatan. Kami dengan profesional tidak menghilangkan kadar manfaat dari buah asli untuk menghasilkan manisan carica Sumbing Segar. Oleh karena itu, banyak pelanggan kami yang merasa puas dengan nikmat rasa yang berbeda dari manisan biasa.

Manisan Carica Berkwalitas

Produk unggulan kami ini sudah banyak tersebar di beberapa kota di Indonesia tidak hanya di Wonosobo saja. Berkat kerja sama dengan para agen profesional yang kami rekrut sesuai persyaratan yang berlaku. Carica Sumbing Segar dapat dinikmati oleh siapa saja yang tidak sempat untuk berkunjung langsung di daerah kami. Namun, bila Anda ingin mendapatkan produk kami. Silakan hubungi via telp (0286) 3301734 atau SMS dan Whatsapp melalui nomor 081903990999 (Elga) / 08112698744 (Aditya). Jika Anda lebih nyaman BBM 5552DE89 silakan melakukan pemesanan melalui kontak ini.

Adapun kami membuka website resmi dan silakan kunjungi di carica.co.id dimana Anda bisa melakukan pemesanan secara online. Pastikan Anda melakukan pemesanan di agen terpercaya kami. Karena meski begitu banyak produsen yang menghasilkan manisan carica, belum tentu memiliki kelebihan yang kami sebutkan di atas.

2018-12-03T03:23:20+00:00carica|0 Comments

Leave A Comment