Bagaimana Cara Menanam Buah Carica?

//Bagaimana Cara Menanam Buah Carica?

Apakah anda berminat menanam Carica di rumah dan ingin tau cara menanam buah Carica dengan mudah? Disini kami akan membahas mengenai metode tanam dan tips-tips budidaya buah unik satu dari Wonosobo ini.

Buah Carica atau yang dijuluki pepaya gunung tidak lain adalah buah khas daerah Wonosobo. Buah ini pada umumnya hanya tumbuh di daerah dataran tinggi Dieng dan ditanam oleh masyarakat pertanian disana. Terkenal dengan rasanya yang manis asam, buah carica menjadi kreasi olahan pangan yang populer untuk buah tangan. Berbagai macam kreasi olahan carica seperti manisan, jus dan selai. Selain itu sirup carica juga menjadi andalan masyarakat Dieng dalam mempromosikan buah unik dari daerah mereka ini.

Carica yang memiliki nama ilmiah Carica pubescens, Carica quercifolia, Carica goudotiana, dan Cariaca candamarcensis. Sebenarnya pohon carica tidak hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng. Buah ini juga dikenal tersebar di daerah Amerika Selatan dari dataran tinggi Andes di barat laut, Kolumbia, hingga ke Chile. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh secara alami di ketinggian 1,500-3,000 meter (4,900-9,800 kaki) diatas permukaan laut. Budidaya buah Carica juga tetap umum dilakukan oleh masyarakat Dieng untuk mendapatkan pohon Carica yang lebih subur dan sehat.

Buah Carica

Cara Menanam Buah Carica

Jika anda beruntung tinggal di daerah dataran tinggi dan ingin menanam buah Carica. Tentu kesempatan tanaman ini untuk berkembang baik sangatlah besar karena iklim lingkungan yang sesuai. Namun, apa saja hal-hal lain yang patut dipertimbangkan serta langkah bertanam apakah yang tepat untuk buah Carica ini? Berikut ulasan cara menanam buah carica.

Carilah Bibit Yang Baik

Langkah pertama dari seluruh kegiatan budi daya tanaman yang sukses selalu bergantung pada pemilihan bibit yang baik. Bibit yang baik sangat penting agar anda mendapatkan buah carica berkualitas yang diharapkan. Maka dari itu, dalam tahap ini, anda harus cermat dan teliti dalam memilih bibit unggul. Carilah pohon carica yang berbuah lebat dan manis sebagai indukan bibitnya. Atau belilah bibit Carica dari toko bibit tanaman yang terpercaya.

Pilih Cara Budidaya: Biji Atau Stek

Umumnya terdapat 2 cara menanam buah Carica yaitu metode menanam biji atau stek. Tentunya terdapat kekurangan dan kelebihan pada kedua metode tanam tersebut. Metode tanam dari biji memastikan anda mendapatkan pohon Carica yang memiliki akar kuat dan kokoh. Sementara metode stek dapat memangkas waktu tunggu panen. Sehingga anda dapat memetik dan menikmati buah Carica lebih cepat. Karena umumnya masa tanam hingga berbuah ponon Ciraca dengan metode stek hanya memakan waktu satu tahun.

Untuk metode tanam biji, pilihlah biji carica tua atau belilah biji tersebut dari toko bibit Carica. Biji ini terlebih dahulu akan disemai dalam polyback sebelum siap ditanam langsung ke tanah. Sedangkan untuk metode stek, anda membutuhkan batang pohon Carica yang sudah tua untuk nanti dipotong dan dipindahkan ke media tanam.

Siapkan Media Tanam

Pada metode budidaya tanam biji, sudah tentu anda membuthuhkan media tanam awal atau polyback untuk menunjang penyemaian. Metode stek pun bisa dilakukan dengan penyemaian terlebih dahulu. Karena sejatinya penyemaian sangat baik untuk menyiapkan akar tanaman agar cukup umur dan kokoh. Sehingga meingkatkan kesempatan hidup ketika ditanam di tanah.

Namun, tentu saja jika anda lebih menyukai cara yang praktis bibit tersebut dapat ditanam di tanah yang telah diberi pupuk. Kemudian dilanjutkan dengan penyiraman secara rutin. Bahkan, petani di Dieng bisa melakukan metode tanam tumpangsari. Dimana pohon Carica ini ditanam berdampingan dengan tanaman lain, seperti kentang dan sayuran. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan tanah dari erosi. Terlebih penanaman Carica terbukti tidak banyak mengurangi atau mempengaruhi hasil produksi sayuran tumpangsari tersebut. Justru teknik penanaman ini menambah keuntungan petani karena bisa memanen beberapa tanaman sekaligus. Apalagi jika tanaman Carica ini berbuah cukup lebat. Meskipun ujurannya kecil seperi pepaya mini, tetapi jumlahnya

Berikan Perawatan Berkala

Para petani dan mereka yang hobi bercocok tanam tentu mengerti bahwa sebaik apapun bibit dan media tanam tidak akan membuat tanaman sehat dan menghasilkan panen melimpah jika tidak didukung dengan perawatan berkala pada tanaman. Selain menyiram pohon Carica secara rutin. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemberian pupuk secara teratur untuk menambah nutrisi yang diserap tanaman.

Selain itu, menyiangi lahan disekitar pohon dari semak atau rumput-rumput pengganggu juga penting. Agar pupuk dan air yang bernutri tadi tidak menjadi sia-sia dan malah hanya menyuburkan rumput atau semak pengganggu tersebut. Terakhir, anda juga bisa melakukan pomotongan daun dan pucuk-pucuk tertentu jika pohon Ciraca sudah cukup besar. Agar pertumbuhannya dapat lebih fokus ke satu cabang saja, berbuah lebat mengumpul di batang tersebut. Banyaknya batang nantinya akan membuat tanaman sulit berbuah besar dan manis. Karena haus membagi nutrisi yang didapatnya ke seluruh bagian tanaman.

Perhatikan Pertumbuhan Tanaman

Jika anda memiliki waktu dan kesempatan, usahakanlah untuk selalu memperhatikan pertumbuhan pohon Carica anda. Telitilah melihat tanda-tanda hama dan virus yang dapat mengganggu perkembangan tanaman, menggerogoti batang atau merusak buah. Perhatikan juga jika buah Ciraca anda tumbuh kecil dan tidak bisa mencapai ukuran maksimal, mungkin anda perlu memangkas beberapa batangnya. Demikian juga ketika musimnya berbuah, lekas-lekaslah anda menyiapkan penutup untuk buah Carica agar tidak dimakan kelelawar atau hewan sejenisnya.

Pohon Carica Dieng

Pohon Carica yang telah tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah dapat diolah menjadi berbagai panganan dan minuman segar. Apalagi mengkonsumsi buah ini secara teratur juga baik bagi tubuh. Karena memiliki banyak khasiat terutama bagi anda yang memiliki masalah pencernaan dan lambung.

Selain membuat sendiri olahan carica yang anda suka, tentu anda juga bisa mendapatkan olahan carica praktis dan berkualitas dari Oafindo. Produk kami adalah olahan manisan buah carica khas Dieng terbaik yang diseleksi dengan memperhatikan standar kualitas tinggi. Dengan begitu aroma buah carica yang khas, rasa asli carica yang manis segar. Serta teksturnya yang sangat berbeda dari buah lain.

Proses produksi kami selalu mengutamakan kebersihan dan penggunaan bahan-bahan yang higienis. Disamping itu, teknik pengolahan juga dilakukan dengan hati-hati. Dan juga mengikuti prosedur keamanan pangan agar dihasilkan manisan yang lezat tanpa mengurai kandungan nutrisi di dalamnya.

Olahan manisan “Carica Sumbing” yang kami produksi merupakan kombinasi kenikmatan dan kesegaran cita rasa buah carica asli. Yang menghasilkan panganan lezat, nikmat, praktis, higienis, dan sehat. Jika anda penasaran dan ingin segera mencicipi buah unik yang satu ini. Jangan ragu untuk melakukan pemesanan langsung kepada kami. Bagi anda yang berminat untuk menjalin kerjasama dan tertarik menjalankan bisnis sebagai agen kami. Anda juga dapat menghubungi nomor yang tertera atau datang langsung ke pabrik kami untuk melihat langsung proses produksi di Jalan Kertek Parakan Km. 7, Reco, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56371.

 

 

2018-10-30T23:48:42+00:00carica|0 Comments

Leave A Comment